Tips Sukses Berbisnis Toko Online


Tips Sukses Berbisnis Toko Online

Bisnis Toko Online
Bisnis Toko Online

1. Jangan Bikin Situs Toko Online Dengan Sistem Belanja yang Ribet
Menurut pengalaman saya, sebagian besar pebelanja online di Indonesia (dari mulai yang professor sampai ibu rumah tangga) semuanya lebih senang berbelanja di situs yang nda ribet. Ribet dalam artian tidak harus mengklik sana-sini dalam prosesnya memesan produk.
Contoh sistem situs toko online yang ribet adalah yang menggunakan sistem ‘add to cart’ dan yang harus mendaftarkan email terlebih dahulu kemudian memasukkan nomer kartu kredit segala. Percaya deh, sampai saat ini di Indonesia, makin ‘kebarat-baratan’ sistem belanja di toko online anda justru akan membuat calon pembeli makin curiga!
Bukannya saya mengatakan mereka gaptek ya. Tapi ya hampir-hampir kayak gitu juga sih… :)
Mudahkan sistem belanja mereka. Cukup sertakan nomer handphone dan alamat Facebook anda, segalanya jadi lebih enak bagi mereka. Apalagi kalau anda bersedia menerima telepon. Sebagian besar konsumen online di Indonesia akan lebih senang bila bisa bicara langsung dengan anda, SMS-an, BBM-an atau chatting.
Lupakan sistem belanja toko online dengan script khusus seperti yang kebanyakan digunakan di luar negeri. Saya jamin pangsa pasar anda akan menyempit dengan penggunaan sistem canggih seperti itu! Setidaknya demikianlah kondisinya sampai saat ini (Februari 2012).
2. Foto Berkualitas: Wajib Hukumnya!
Berdasarkan pengalaman saya, ini adalah salah satu faktor yang membuat toko online saya mudah diingat dan makin disukai para pembeli. Saya upload foto-foto produk dengan kualitas yang baik dari berbagai sisi. Ini sangat memudahkan pembeli untuk melihat produk anda secara detail.
Coba bayangkan, foto-foto ini adalah satu-satunya interaksi visual antara calon pembeli dengan barang yang akan dibelinya. Masak iya anda tega membiarkan calon pembeli anda cuma melihat bagian depan produk anda saja (itupun fotonya kabur)?
Saran saya, lebih seriuslah dalam hal foto produk ini. Kalau bisa, gunakan kamera DSLR untuk mendapatkan ketajaman gambar yang maksimal. Bila kamera SLR terasa berat (baik dari segi harga maupun kameranya yang memang berat juga), anda bisa menggunakan kamera pocket tapi dibantu dengan pencahayaan lampu tambahan. Anda bisa menggunakan dua lampu belajar untuk membantu pencahayaan foto produk anda.
Kamera pocket yang saya sarankan adalah Canon S90, karena kamera itu yang saya gunakan dalam dua tahun terakhir dan hasil gambarnya sangat luar biasa. Tapi kayaknya sudah nda diproduksi lagi jadi anda bisa menggunakan adik-adiknya Canon S95 atau Canon S100.

3. Layanan yang Cepat dan Tanggap
Kecepatan dalam melayani pembeli adalah salah satu faktor yang menentukan dalam hal kualitas pelayanan. Jangan biarkan pembeli anda kelamaan menunggu balasan SMS anda. Inilah resiko yang harus anda tanggung sendiri ketika anda belum memiliki karyawan di toko online anda. Anda dan handphone anda harus melayani pembeli dari Sabang sampai Merauke!
Ingat satu hal: minat calon pembeli terhadap produk yang akan dibelinya bisa menurun (dan bahkan hilang) bila anda kelamaan menjawab SMS pemesanannya.
4. Jangan Bekerja Sendiri!
Berdasarkan pengalaman di toko-toko online saya, satu faktor yang membuat penjualan meningkat pesat dari waktu ke waktu adalah adanya reseller. Reseller adalah pihak-pihak yang menjual kembali produk anda kepada orang lain. Jadi anda perlu memberi diskon khusus untuk para reseller yang akan mereka jadikan selisih untuk keuntungan/laba mereka.
Buatlah sebuah halaman di toko online anda yang berisi perjanjian dengan reseller. Tentukan diskon atau mungkin komisi yang bisa anda berikan kepada mereka berdasarkan jumlah barang tertentu.
Langkah selanjutnya adalah bina hubungan baik dengan para reseller tersebut dan jangan pernah mengecewakan mereka. Perlakukan mereka sebagai rekan bisnis dimana ada hubungan saling membutuhkan. Jangan sok-sok berkuasa sama reseller, karena tanpa reseller anda akan pingsan dalam usaha menjangkau pasar yang luas seorang diri.

5. Bekali Diri Dengan Pengetahuan Internet
Toko online adalah toko yang letaknya di internet. Seperti halnya bila anda menyewa lapak di mall, anda harus kenali mall tersebut dengan baik. Anda harus mempelajari dari pintu mall bagian mana kebanyakan potensi pembeli produk anda masuk. Anda harus mempelajari apakah lokasi lapak anda di mall sudah cukup strategis untuk jenis barang yang anda jual. Demikian pula halnya di internet.
Di internet, anda harus belajar di mana para calon pembeli anda sering nongkrong. Apakah di forum, grup di Facebook, atau kebanyakan datang dari mesin pencari seperti Google, Yahoo! ataupun Bing. Dengan mengetahui pangsa pasar anda di internet, tingkat penjualan bisa dimaksimalkan.
Banyak jurus yang bisa anda praktikkan untuk meningkatkan penjualan anda di internet. Salah satunya adalah dengan pengetahuan bagaimana agar kebanjiran order dari mesin pencari (Google). Jutaan orang menggunakan Google untuk mencari barang yang mereka inginkan dan ini adalah pangsa pasar yang luas bila situs anda bisa ‘nongkrong’ di halaman hasil pencarian Google.
Jurus ini namanya SEO (Search Engine Optimization) alias Memaksimalkan Mesin Pencari untuk keuntungan kita.

Sumber
http://www.asritadda.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More